MAKALAH PROFIL USAHA DI BIDANG KESEHATAN PT. BIO FARMA

MAKALAH
PROFIL USAHA DI BIDANG KESEHATAN
PT. BIO FARMA
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas Cyber Media
Dosen                  : Drs. Patria Hidayat














Bima Tri Sakti
132050028
Ilmu Komunikasi – Humas/A















ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG
2015





KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr Wb.
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. Karena atas ridho dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan Makalah dengan judul “ PROFIL USAHA DI BIDANG KESEHATAN PT. BIO FARMA ”.
Penulis menyadari dalam makalah ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan yang penulis miliki. Namun berkat bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak makalah ini dapat diselesaikan. Untuk itu, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen Pembimbing.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari sempurnanya. Untuk itu, penulis dengan terbuka mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca guna kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah  ini bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi penulis.
Wassalammualaikum Wr Wb.




Bandung,   November 2015


                                                                                                       
Penyusun









BAB I
PENDAHULUAN

I.       LATAR BELAKANG
PT Bio Farma (Persero) adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang kepemilikan sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah. PT Bio Farma (Persero) sebagai satu-satunya produsen vaksin untuk manusia di Indonesia yang selama ini telah mendedikasikan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk memproduksi vaksin dan antisera yang berkualitas internasional untuk mendukung program imunisasi nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki kualitas derajat kesehatan yang lebih baik.
Bidang usaha utama PT Bio Farma (Persero) adalah memproduksi vaksin dan antisera yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat yang didukung oleh penelitian dan pengembangan, pemasaran dan distribusi serta usaha pelayanan jasa pemeriksaan laboratorium kesehatan dan imunisasi sehingga mendapatkan keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan.  Melalui makalah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang perusahaan milik negara yaitu PT. Bio Farma.

II.      TUJUAN
1.         Tujuan Umum
Mahasiswa dapat memahami dan mengetahui profil usaha PT. Bio Farma dan perkembangannya.
2.         Tujuan Khusus
a.   Agar mahasiswa mampu mengetahui sejarah PT. Bio Farma
b.   Agar mahasiswa mampu mengetahui tentang izin usaha PT. Bio Farma
c.   Agar mahasiswa mampu mengetahui tentang produk-produk PT. Bio Farma
d.   Agar mahasiswa mampu mengetahui tentang modal usaha PT. Bio Farma
e.   Agar mahasiswa mampu mengetahui tentang strategi pemasaran PT. Bio Farma





BAB II
PEMBAHASAN

 
A. Sejarah PT. Biofarma dan profil usaha PT. Bio Farma
1.   Sejarah PT. Bio Farma
PT Bio Farma (Persero) berdiri sejak 120 tahun yang lalu, dimana pada tahun 1890 – 1894 merupakan tanggal dikeluarkannya Surat Keputusan Hindia Belanda, tepatnya pada tanggal 6 Agustus 1890 tentang pendirian Parc Vaccinogene atau Landskoepok Inrichting di rumah sakit tentara Weltevreden – Batavia, yang merupakan tonggak sejarah awal berdirinya perusahaan vaksin dan sera di Indonesia.
 Lembaga ini kemudian berubah menjadi Parc Vaccinogene Instituut Pasteur seiring berjalannya waktu dan semakin meningkatnya kegiatan produksi pada tahun 1895-1901.
Setelah tahun 1923 menempati gedung di Jalan Pasteur nomor 28 Bandung, lembaga ini kembali mengubah namanya menjadiLandskoepok Inritching en Instituut Pasteur dan tahun 1924-1942 dipimpin oleh L. Otten.
Pada saat Jepang berkuasa, nama lembaga diubah menjadiBandung Boeki Kenkyushoo dan kegiatannya dipusatkan di Gedung Cacar dan Lembaga Pasteur Bandung yang dipimpin oleh Kikuo Kurauchi.
Kegiatan lembaga ini kemudian berpindah ke Klaten, selama Belanda menduduki Bandung sehingga Bandung Boeki Kenkyushookembali berganti nama menjadiLandskoepok Inritching en Instituut Pasteur. Pada periode ini lembaga dipimpin oleh R. M. Sardjito (1945-1946) dan beliau merupakan orang Indonesia pertama yang memimpin lembaga ini.
Pada tahun 1950-1954 Gedung Cacar dan Lembaga Pasteur di Bandung kembali menjadi tempat berlokasinya kegiatan produksi vaksin dan sera.
Seiring dengan terjadinya nasionalisasi berbagai perusahaan Belanda, pemerintah Indonesia pada saat itu mengubah Landskoepok Inritching en Instituut Pasteur menjadi Perusahaan Negara Pasteur. Melalui Peraturan Pemerintah No. 80 Tahun 1961 (Lembaran Negara Tahun 1961 No. 101), Perusahaan Negara Pasteur berubah menjadi Perusahaan Negara Bio Farma.
Setelah melalui penelitian dan penilaian bentuk badan usaha Bio Farma resmi menjadi Perusahaan Umum Bio Farma dengan Peraturan Pemerintah RI No. 26 ahun 1978. Periode itu Prof. Dr. Konosuke Fukai telah mengawali upaya transfer teknologi produksi Vaksin Polio dan Campak.
Setelah hampir dua puluh tahun berstatus sebagai Perum (Perusahaan Umum) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1997, perusahaan berubah menjadi Perseroan Terbatas (PT) yang selanjutnya dikenal dengan PT Bio Farma (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia.

2.   Profil Usaha PT. Bio Farma
Ø  Lini Bisnis
Industri Farmasi & Biologi
Ø  Deskripsi Bisnis
Produsen vaksin, sera dan produk biologi lainnya
Ø  Dasar Hukum
Menyediakan vaksin,sera dan produk biologi lainnya dengan kualitas terjamin untuk melayani kebutuhan Indonesia dan Dunia.
Ø  Komposisi Kepemilikan Saham
Negara Republik Indonesia :100.00%
Alamat :
Jl. Pasteur No. 28
Bandung        
Phone :022-2033755
email : mail@biofarma.co.id
Fax : 022-2041306
Website : www.biofarma.co.id
Ø   Representative Office
Alamat :
Arthaloka Building, 3rd Floor Jl. Jendral Sudirman
Jakarta
Phone :021-2511525
email : mail@biofarma.co.id
Fax : 021-2514438
Website :www.biofarma.co.id




B. Visi, misi dan arti logo PT. Bio Farma
a.    Visi dan misi PT. Bio Farma
“Dilandasi oleh kinerja internal yang solid serta ketanggapan dalam mengantisipasi trend bisnis dan perkembangan teknologi vaksin dan serum, Bio Farma berkomitmen untuk menggapai prestasi cemerlang dan menjadi perusahaan kelas dunia”.
Visi   : Menjadi produsen vaksin dan antisera yang berdaya saing global.
Misi   :
1.      Memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan vaksin dan antisera yang berkualitas internasional untuk kebutuhan Pemerintah, swasta, nasional dan internasional.
2.      Mengembangkan inovasi vaksin dan antisera sesuai dengan kebutuhan pasar.
3.      Mengelola perusahaan agar tumbuh dan berkembang dengan menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance.
4.      Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan pemegang saham dengan tetap memperhatikan kepentinganstakeholders lainnya.

b.    Logo Bio Farma
PT Bio Farma (Persero) adalah sebuah perusahaan yang adaptif dalam mengantisipasitrend bisnis dan teknologi di bidang vaksin dan antisera. Salah satu bentuk antisipasi tersebut adalah dengan memiliki yang merupakan lambang sebagai identitas jati diri perusahaannya. Adapun logo dari PT. Bio Farma adalah sebagai berikut :

Gambar Logo Bio Farma
              Arti logo :
Seperti halnya sebuah nama, logo perusahaan pun memiliki arti atau makna tersendiri. Adapun arti dari logo pada perusahaan PT Bio Farma (Persero) tersebut adalah :
1)   Logo tersebut merupakan adaptasi bentuk pencitaraan dari“Crystal Protein” dan“Glicoprotein”. Hal tersebut merefleksikan bahwa Bio Farma adalah sebuah perusahaan di bidabg vaksin dan serum.
2)   Mencitrakan ilusi pendar bintang (sparkling)
Dalam hal ini pendar bintang yang dimaknai sebagai semangat dan dinamika Bio Farma yang memiliki masa depan yang cemerlang.
3)   Warna dominan hijau
Warna dominan hijau ini secara psikologis menyiratkan suatu nilai higienitas dan kesehatan.
C. Izin usaha PT. Bio Farma
PT. Bio Farma telah mendapatkan sertifikasi yaitu :
·         Sertifikat CPOB (Cara Pembuatan Obat Yang Baik / GMP – Good Manufacturing Process) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)
·         Pengakuan WHO (WHO recognition), yaitu dengan didapatkannya prakualifikasi WHO untuk produk-produk vaksin yaitu : Vaksin virus: Polio, Campak, Hepatitis B Uniject dan mOPV-1 (Monovalen Oral Polio Vaccine Tipe 1), Vaksin Bakteri : Difteri, Pertussis, Tetanus dan Tetanus dalam kemasan Uniject sehingga termasuk dalam daftar WHO prequalified products.
·         Sertifikat ISO 9001 : 2008 untuk Sistem Manajemen Mutu dari Lembaga SertifikasiLloyd's Register Quality Assurance Ltd,Singapura.
·         Sertifikat ISO 14001 : 2004 untuk Sistem Manajemen Lingkungan dari Lembaga Sertifikasi Lloyd's Register Quality Assurance Ltd, Singapura.
·         Sertifikat OHSAS 18001 : 2007 untuk Pengelolaan Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Bekerja dari Lembaga Sertifikasi Lloyd's Register Quality Assurance Ltd, Singapura.

D. Produk PT. Bio Farma
Bio Farma adalah sebuah  badan Usaha Milik Negara yang memproduksi vaksin dan sera untuk mendukung program imunisasi di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Bio Farma telah masuk ke dalam daftar prakualifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO).
Vaksin yang diproduksi Bio Farma terdiri dari vaksin virus (vaksin campak, vaksin polio oral, dan vaksin hepatitis B), dan vaksin bakteri (vaksin DTP, vaksin TT, vaksin DT, dan Vaksin BCG). Sejak tahun 1997 hingga saat ini, Bio Farma memasok vaksin ke banyak negara melalui UNICEF, PAHO dan pembeli lainnya.
Saat ini kapasitas produksi mencapai sekitar 1.1 miliar dosis.
Beberapa produk dari PT. Bio Farma adalah :
1.         Oral poliomyelitis vaccin
2.         Tetanus toxoid vaccin
3.         BCG vaccin diluent
4.         Vaksin BCG kering
5.         Vaksin DTP
6.         Vaksin TT
7.         Bio TT
8.         Snake venom anti serum
9.         Polyvalent anti snake venom
10.       Tuberculin dan masih banyak lagi

Gambar beberapa produk dari PT. Bio Farma



E.  Pemodalan PT. Bio Farma
Pemodalan usaha PT. Bio Farma telah diatur dalam peraturan pemerintah :

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4 TAHUN 1997
TENTANG
PENAMBAHAN PENYERTAAN MODAL NEGARA REPUBLIK INDONESIA
KE DALAM MODAL SAHAM PERUSAHAAN PERSEROAN (PERSERO)
PT BIO FARMA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang:
a.    bahwa untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kegiatan Usaha Perusahaan Perseroan (PERSERO) PT Bio Farma, dipandang perlu untuk melakukan penambahan penyertaan modal Negara Republik Indonesia ke dalam modal saham Perusahaan Perseroan (PERSERO) tersebut;
b.    bahwa kekayaan Negara Republik Indonesia yang berasal dari dana bantuan luar negeri dan dari Anggaran Belanja Pembangunan Tahun 1992/1993 yang digunakan untuk sarana produksi Difteri,Pertusis, dan Tetanus serta sarana produksi Polio dan Campak pada Perusahaan Perseroan (PERSERO) PT Bio Farma, dapat ditetapkan sebagai tambahan penyertaan modal Negara Republik Indonesia ke dalam modal Perusahaan tersebut;
c.     bahwa untuk penambahan penyertaan modal Negara tersebut, perlu ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah;
Mengingat:
a.    Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945;
b.    Undang-undang Nomor 9 Tahun 1969 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 1969 tentang Bentuk-bentuk Usaha Negara (Lembaran Negara Tahun 1969 Nomor 16, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2890) menjadi Undang-undang (Lembaran Negara Tahun 1969 Nomor 40, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2904);
c.    Undang-undang Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Ter-batas (Lembaran Negara Tahun 1995 Nomor 13,Tambahan Lembaran Negara Nomor 3587);
d.    Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 1969 tentang Perusa-haan Perseroan (PERSERO) (Lembaran Negara Tahun 1969 Nomor 21, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2894) seba-gaimana telah diubah dengan
e.    Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1972 (Lembaran Negara Tahun 1972 Nomor 32, Tam-bahan Lembaran Negara Nomor 2987);
f.     Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 1983 tentang Tata Cara Pembinaan dan Pengawasan Perusahaan Jawatan (PERJAN), Perusahaan Umum (PERUM) dan Perusahaan Perseroan (PERSERO) (Lembaran Negara Tahun 1983 Nomor 3, Tam-bahan Lembaran Negara Nomor 3246) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1983 (Lembaran Negara Tahun 1983 Nomor 37);
g.    Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1997 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum (PERUM) Bio Farma menjadi Perusahaan Perseroan (PERSERO) (Lembaran Negara Tahun 1997 Nomor 4);
MEMUTUSKAN :
Menetapkan :
PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PENAMBAHAN PENYERTAAN MODAL NEGARA REPUBLIK INDONESIA KE DALAM MODAL SAHAM PERUSAHAAN PERSEROAN (PERSERO) PT BIO FARMA.
F.  Pemasaran PT. Bio Farma

Strategi pemasaran:
1)    Meningkatkan kerjasama Pemasaran International dengan Unicef dan SSI serta dengan badan-badan international lainnya seperti RIVM, Biken, JPRI dan badan-badan dibawah WHO dalam rangka transfer teknologi
2)    Melakukan penambahan fasilitas produksi guna menunjang peningkatan kapasitas produksi khusus untuk vaksin-vaksin yang sudah WHO recognition.
3)    Mencari alternatif sumber dana lain dari luar perusahaan berupa pinjaman berkaitan dengan rencana penambahan fasilitas produksi.
4)    Mengadakan hubungan baik dengan Donor-donor Agencies seperti USAID, JICA, Rockefeler Foundation, UNIDO, Rotary Club serta badan-badan dunia lain untuk mendapatkan bantuan financial.
5)    Meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM melalui kerjasama dengan institusi / badan dunia, lembaga pendidikan di luar negeri juga dalam negeri.
6)    Berperan aktif dalam badan- badan dunia per vaksinan seperti IVI (International Vaccine Institut), GTN ( Global Training Network, WHO ) dan sebagainya dalam upaya mengikuti perkembangan teknologi vaksin dan perluasan pasar.
7)    Memantapkan implementasi nilai-nilai dinamis budaya peusahaan.
8)    Mempertahankan proses produksi yang sudah berwawasan lingkungan.


BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Bio Farma adalah sebuah badan Usaha Milik Negara yang memproduksi vaksin dan sera untuk mendukung program imunisasi di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Bio Farma telah masuk ke dalam daftar prakualifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO).
PT Bio Farma (Persero) menjalankan roda organisasinya di di Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Vaksin yang diproduksi Bio Farma terdiri dari vaksin virus (vaksin campak, vaksin polio oral, dan vaksin hepatitis B), dan vaksin bakteri (vaksin DTP, vaksin TT, vaksin DT, dan Vaksin BCG).
B.   Saran
Pada pembahasan ini menjelaskan tentang sejarah dan profil usaha PT. Bio Farma termasuk juga produk-produk, modal serta strategi pemasaran. Dengan demikian diharapkan mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya menjadi paham tentang usaha bidang kesehatan  PT. Bio Farma.
Demikianlah makalah ini penulis buat, semoga apa yang disajikan memberikan ilmu dan informasi. Selanjutnya kesempurnaan makalah ini penulis mohon saran dan kritik guna memperbaiki kesalahan dikemudian hari.









DAFTAR PUSTAKA

http ://id.wikipedia.org.wikipedia.org/w/index.php?title=Bio_Farma&oldid=6629789
http ://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/466266/

Comments

Popular posts from this blog

Anggaran Dasar - Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Threephyral SMAN 3 Kuningan

HARD NEWS DAN SOFT NEWS