HUMAS PEMERINTAHAN DAN PERUSAHAAN
✓ Tujuan utama humas
Tujuan utama Public Relation sendiri adalah menciptakan, mempertahankan dan melindungi reputasi organisasi/ perusahaan, memperluas prestis, menampilkan citra-citra yang mendukung. Riset menunjukkan bahwa konsumen/pelangganlebih sering melakukan buying decicision atau keputusanpembelian berdasarkan citra perusahaan.
Dengan bahasa paling sederhana dan singkat, tujuan utamaPublic Relation dapat diringkas, sesuai tujuan utama yang diatassebagai berikut:
• Mengevaluasi sikap dan opini publik
• Formulasi dan implementasi prosedur dan policy organisasiatas komunikasi organisasi/perusahaan dengan publik
• Mengkoordinasikan program-program komunikasi
• Mengembangkan hubungan dan “good-will” lewat proses komunikasi dua arah
• Mengembangkan hubungan positif antar organisasi danpublic
Tujuan sebuah humas perusahaan
Ruang lingkup tujuan humas itu sendiri ternyata demikian luas. Namun dari semua tujuan humas tersebut kita bisa mengambilbeberapa yang bisa dijadikan prioritas. Dari sekian banyak halyang bisa dijadikannya prioritas kegiatan humas sebuahperusahaan, berapa diantaranya yang pokok adalah sebagaiberikut:
➢ Untuk mengubah citra umum di mata khalayaksehubungan dengan adanya kegiatan- kegiatan baruyang dilakukan oleh perusahaan. Sebagai contoh, suatu perusahaan yang semula hanya menanganitransportasi truk tapi kemudian mulai menjualmesin pemanas ruangan. Guna menyesuaikan diriatas adanya kegiatan yang baru tersebut, makaperusahaan harus mengubah citranya supayakegiatan dan produk-produk barunya itu mendapatsambutan positif dari khalayaknya.
➢ Untuk meningkatkan bobot kualitas para calonpegawai
➢ Untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakatdalam rangka mendapatkan pengakuan.
➢ Untuk memperkenalkan perusahaan kepadamasyarakat luas, serta membuka pasar-pasar baru.
➢ Untuk mempersiapkan dan mengkondisikanmasyarakat bursa saham atas rencana perusahaanuntuk menerbitkan saham baru atau sahamtambahan.
➢ Untuk memperbaiki hubungan antara perusahaan itudengan khalayaknya, sehubungan dengan telahtejadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham dikalangankhalayak terhadap niat baik perusahaan.
➢ Untuk mendidik para pengguna atau konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalammemanfaatkan produk-produk perusahaan.
➢ Untuk meyakinkan khalayak bahwasanya perusahaanmampu bertahan atau bangkit kembali setelahterjadinya suatu krisis.
➢ Untuk meningkatkan kemampuan dan ketahananperusahaan dalam menghadapi resikopengambilalihan (take-over) oleh pihak-pihak lain.
➢ Untuk menciptakan identitas perusahaan yang baru
➢ Untuk menyebarluaskan informasi mengenai aktivitasdan partisipasi para pemimpin perusahaanorganisasi kehidupan social sehari-hari.
➢ Untuk mendukung keterlibatan suatu perusahaansebagai sponsor dari suatu acara.
➢ Untuk memastikan bahwasanya para politisi benar-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produkperusahaan yang positif, agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan kebijakan pemarintah yang merugikan.
➢ Untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan perusahan, agar masyarakat luasmengetahui betapa perusahaan itu mengutamakankualitas dalam berbagai hal.
Fungsi utama humas
Fungsi-fungsi utama yang dilakukan oleh seorang humasdalam organisasinya meliputi berbagai bidang dan segi, dibawahini terdapat beberapa fungsi humas yang paling utama, yaitu:
✓ Menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antaralembaga/organisasi engan publiknya, baik publik intern maupun extern dalam rangka menanamkan pengertian
✓ Menilai dan menentukan pendapat umum yang berkaitandengan organisasinya
✓ Memberi saran kepada pemimpin tentang cara-caramengendalikan pendapat umum sebagaimana mestinya
✓ Menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalamrangka menciptakan iklim pendapat publikyangmenguntungkan organisasi/lembaga
✓ Menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendaptumum
Hubungan Media Atau Media Relations Dalam KonteksHumas
Kegiatan seorang praktisi Humas yang selaluberhubungan dengan masyarakat atau stakeholder lainnya tentu harus memiliki suatu hubungan yang khusus pula dengan media massa yang selalu menjadikonsumsi bagi masyarakat. Era modern yang berkembang dengan pesat menuntut pula seorangHumas untuk lebih proaktif dalam membangun sebuahrelasi yang baik dengan beberapa pihak media.
Macam-macam metode media relations
Banyak metode yang digunakan Praktisi Humas dalamupayanya untuk membangun Media Relations yang baikdengan Media Massa, berikut metode - metodenya :
✓ Konferensi Pers : metode ini sering sekali kita dengar, khususnya dalam dunia Media Elektronik Tv. Bagi seorangHumas Konferensi Pers sangat efektif untukmengklarifikasi krisis atau isu yang terjadi dalamorganisasi tersebut. Ciri - ciri dari Konferensi Pers biasanyadiadakan dalam sebuah ruangan yang disitu telah adabeberapa awak media yang sengaja diundang oleh Humasguna menyebarkan informasi atau pesan yang disampaikan. Bagi seorang Jurnalis konferensi pers tentu sajabermanfaat, sebab wartawan tidak perlu lagi mencari - cariberita atau mengejar narasumber yang tidak jelaskeberadaannya. Metode Konferensi Pers menguntungkanbagi kedua belah pihak, bagi Humas dapat disalurkannyainformasi atau pesan, sedangkan bagi jurnalis dapat bahanpemberitaan dengan mudah.
✓ Resepsi Pers : menurut saya metode ini digunakan untukmenjalin hubungan informal antar humas denganwartawan. Justru hubungan informal inilah yang dapatdigunakan senjata bagi seorang humas ketika dituntut untukcepat menginformasikan klarifikasi isu dalam media massa, sebab biasanya wartawan akan senang hati untukmempublikasikan (bila dianologikan seperti hubunganteman sepermainan yang salah satunya sedang dalam posisikesulitan). Resepsi Pers dilakukan dengan caramengundang wartawan untuk datang pada waktu tertentudan tempat tertentu untuk sekedar makan bersama danberbincang - bincang kecil.
✓ Kunjungan Pers : Metode Kunjungan Pers hampir samayaitu mengundang wartawan untuk datang, yang membedakan adalah situasi yang sedang dihadapi olehorganisasi. Biasanya Kunjungan Pers diadakan ketikaorganisasi tidak sedang mengalami krisis atau minimal krisis yang terjadi sudah dapat diatasi. Tujuan dengandiadakannya Kunjungan Pers untuk mendorong praktisijurnalis memberitakan suatu pemberitaan yang positif. Latar diadakannya Kunjungan Pers biasanya terjadi padasaat Promosi produk atau jasa baru, Company Visit gunamemberitakan seluk beluk dari perusahaan untukmenghilangkan rasa penasaran masyarakat, atau dalamkeadaan peresmian pejabat dan kantor baru.
✓ Media Release : Metode ini sering kita dengan sebagaiPress Release, yang dimaksud dengan Press Release adalahteks berita yang dibuat oleh praktisi humas mengenai isuatau pengenalan produk dan sosialisasi kebijakan kepadajurnalis dengan harapan akan dimuat dalam media massa. Tanpa adanya hubungan yang baik terlebih dahulu antaraHumas dan Media Massa maka dapat dipastikan kecilkemungkinannya Press Release yang telah dikirimkan akandimuat. Untuk itu ada baiknya seorang Praktisi Humasmelakukan metode nomor 2 dan 3 terlebih dahulu untukperkenalan.
Daftar pustaka
Rumanti,Sr.Maria Assumpta.2002.Public Relations Teori danPraktek.Jakarta.PT.Gramedia Widiasarana.
Soemirat,soleddanElvinaroArdianto.2004.Dasar-dasar Public Relations.Bandung. Remaja Rosdakarya
Comments
Post a Comment